Mutiara Hadis

Dari Abu Hurairah ’Abdurrahman bin Shakhr radhiyallohu’anhu, dia berkata: ”Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda: ” Apa saja yang aku larang bagi kamu hendaklah kamu jauhi, dan apa saja yang aku perintahkan kepadamu maka lakukanlah sesuai kemampuanmu. Sesungguhnya kehancuran umat-umat sebelum kamu adalah kerana mereka banyak bertanya dan menyelisihi nabi-nabi mereka (tidak mahu taat dan patuh).”

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

18 April 2010

Kisah Nabi Muhammad (Mekah)

Dari Kelahiran Muhammad saw. sampai Diutusnya

Muhammad Rasûlullâh saw. dilahirkan di Makkah pada tahun 571 M. bersamaan dengan masuknya Abrahah -- gubernur Yaman -- ke kota Makkah dengan pasukan gajahnya yang terkenal untuk menghancurkan Ka'bah. Dan pasukan itu dihancurkan Allâh SWT. dengan burung Abâbîl, sebagaimana disebutkan dalam surah Al-Fîl yang artinya gajah. Itulah sebabnya tahun kelahiran Rasûlullâh saw. disebut "Tahun Gajah". Ayah Beliau bernama 'Abdullâh bin 'Abdul-Muthalib bin Hâsyim, dan 'Abdul-Muthalib adalah seorang kepala suku Quraisy yang paling dihormati dan juga pemimpin kota Makkah pada masa itu. Sedangkan ibunda Beliau bernama 'Âminah binti Wahab bin 'Abdi Manâf bin Kilâb yang juga seorang wanita Quraisy. Abdullâh -- ayah Beliau -- adalah seorang pedagang sebagaimana layaknya bangsa Quraisy saat itu, seperti yang disebutkan Allâh dalam surah Quraisy (106).

Abdullâh meninggal sebelum lahirnya Beliau, yaitu sekembalinya dari negeri Syâm, di tengah jalan ia jatuh sakit, dan sakitnya semakin parah ketika ia singgah di kota Madînah. Maka ia pun tinggal di keluarga Banî Najâr dari suku Khazraj, dan meninggal di tengah-tengah mereka. Keluarga Banî Najâr masih ada hubungan keluarga dengan Rasûlullâh saw., yaitu melalui pernikahan Hâsyim bin 'Abdi Manâf -- yaitu datuk ayah Beliau -- dengan seorang wanita dari Banî Najâr.

Jadi, Rasûlullâh saw. lahir setelah wafatnya 'Abdullâh -- ayah Beliau --, Dan Beliau tumbuh sebagai anak yatim. Namun, 'Abdul-Muthalib -- datuk Beliau -- sangat gembira menyambut kelahiran Beliau, dan dialah yang memberi nama Muhammad kepada Beliau. Dan dia juga yang menanggung kehidupan Beliau dan mencurahkan seluruh kasih sayangnya kepada Beliau.Bangsa Quraisy memiliki kebiasaan mengirim bayi-bayi mereka kepada wanita-wanita di luar kota Makkah untuk disusui, agar mereka menghirup udara yang bersih dan segar di tengah-tengah penduduk 'Arab yang masih murni bahasanya, dengan harapan agar bayi-bayi itu tumbuh sehat, kuat dan memiliki kemampuan berbahasa yang baik.

Begitu-pula halnya dengan Âminah, ibunda Beliau yang segera mengirim Beliau untuk disusui kepada seorang wanita bernama Halîmah dari keluarga Banî Sa'ad bin Bakar, yang bertempat tinggal di Sahara, dekat kota Makkah. Beliau tinggal bersama Halîmah dan keluarganya sampai usia lima tahun, kemudian Beliau dikembalikan kepada ibundanya di Makkah, maka Beliau pun kembali berada dalam asuhan ibundanya dan juga datuknya.Pada waktu yang sama, ibunda Beliau ingin mengajak Beliau bepergian ke Madînah, untuk menziarahi maqam ayahandanya. Sebuah perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, terutama bagi Beliau yang masih berusia lima tahun. Maka Beliau pun berangkat bersama ibundanya dan seorang pelayan wanita.

Setelah berziarah ke maqam ayahandanya di Madînah dan tinggal beberapa hari di sana, Beliau pun kembali pulang bersama ibundanya. Namun, di tengah perjalanan ibundanya pun jatuh sakit, dan meninggal di sebuah tempat bernama Abwâ', yaitu sebuah tempat yang terletak di pertengahan jalan antara Makkah dan Madînah. Maka Beliau pun kembali ke Makkah sebagai anak yatim-piyatu dengan ditemani oleh pelayan wanita yang menyertai Beliau. Setibanya di Makkah Beliau pun diambil oleh 'Abdul-Muthalib datuknya, dan tinggal bersama datuknya, yang mengasuhnya dengan kasih sayang yang luar-biasa.

Sekarang Beliau benar-benar merasakan betapa pedihnya menjadi anak yatim-piyatu, tidak memiliki ayah dan ibu. Hal itu mendidik Beliau untuk selalu mengandalkan dirinya, dan secara otomatis mengasah kecerdasan Beliau, serta membuka pandangannya terhadap hakikat kehidupan dalam usia yang masih sangat muda. Dan sudah tentu ini semua merupakan kehendak Allâh yang telah menentukan pilihan-Nya terhadap Beliau untuk menegakkan risalah Islâm di muka bumi.

Menggembala Kambing

Setelah dua tahun di bawah asuhan 'Abdul-Muthalib, yaitu ketika usia Beliau menginjak delapan tahun, 'Abdul-Muthalib pun wafat. Maka Beliau pun diambil oleh Abû Thâlib, salah seorang pamannya yang memiliki anak yang banyak.Abû Thâlib merupakan pengganti 'Abdul-Muthalib dalam kepemimpinan kota Makkah, dan ia telah menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk memelihara Ka'bah dan menjamu orang-orang yang berhaji, dan juga untuk membantu orang-orang yang mengalami kesulitan sehingga membuatnya jatuh miskin dan hampir-hampir menjatuhkan kedudukannya yang mulia.

Rasûlullâh saw. yang ketika itu masih berusia delapan tahun, berusaha meringankan beban pamannya itu dengan bekerja menggembalakan kambing milik sebagian penduduk Makkah dengan upah yang minim.Pekerjaan menggembala kambing menumbuhkan sifat-sifat positif dalam diri Beliau, seperti sifat tanggung jawab, lemah lembut, penuh perhatian dan kewaspadaan. Sejumlah sifat yang harus dimiliki oleh setiap penggembala agar ia dapat menjaga ternaknya dengan baik. Ini pun merupakan kehendak Allâh SWT. dan juga sebagian dari rencana-Nya yang tersusun bagi Beliau, agar di kemudian hari Beliau mampu memikul tanggung jawab sebagai pembawa risalah. Dan pekerjaan menggembala kambing merupakan pendidikan Allâh bagi sebagian besar para nabi, sebagaimana sabda Beliau :

مَا مِنْ نَبِيٍّ إِلاَّ رَعِيَ الْغَنَمَ


Artinya :"Tidak ada seorang nabi pun melainkan ia pernah bekerja menggembala kambing"

Berniaga dan Pernikahan dengan Khadijah

Kesibukannya Berniaga dan Mendapat Gelar "Al-Amîn" Ketika usianya menginjak sepuluh tahun, Beliau diajak oleh Abû Thâlib, pamannya untuk berangkat berniaga ke negeri Syâm bersama-sama rombongan kafilah dagang Quraisy lainnya. Ini awal dari proses Beliau menjadi saudagar sebagaimana ayahnya dulu. Dan berniaga merupakan profesi kaum Quraisy secara turun-temurun, sebagaimana disebutkan Allâh dalam surah Quraisy (106).

Maka, ketika usia Beliau menginjak dua-puluh tahun, Beliau pun mulai bergabung dengan rombongan kafilah dagang, melanjutkan profesi ayahnya berniaga ke Syâm, sebagaimana layaknya para pemuda Quraisy lainnya. Aktivitas ini merupakan persiapan yang besar bagi tugas kenabian Beliau di masa depan, dan ketika itu Beliau pun telah dikenal sebagai seorang yang memiliki sifat amanah, jujur, waspada dan cerdas.

Sumbangsihnya bagi penduduk Makkah pun mulai nampak. Adapun yang paling menonjol dari diri Beliau, yang membedakannya dengan semua orang adalah sifat amanahnya dalam semua aspek kehidupan, sehingga membuat semua orang mempercayainya dalam berbagai persoalan. Mereka percaya, bahwa Beliau senantiasa teguh memegang kebenaran dan memiliki amanah yang sempurna. Oleh karena itu Beliau dikenal dengan sebutan Al-Amîn yang artinya "seorang yang paling dipercaya".

Pernikahannya dengan Khadîjah

Ketika usianya menginjak dua-puluh empat tahun, Beliau diperkenalkan kepada Khadîjah, seorang wanita Quraisy terhormat dan kaya-raya serta memiliki usaha dagang yang besar, yang kebetulan pada saat itu membutuhkan seseorang untuk membawa barang dagangannya ke negeri Syâm. Ketika itu banyak orang yang menyarankannya agar Khadîjah menyerahkan urusan itu kepada Muhammad. Maka Khadîjah menerima saran itu, ia pun meminta kesediaan Beliau dan Beliau pun menyatakan kesediaanya. Maka pada waktu yang telah ditetapkan, Beliau pun berangkat ke Syâm membawa barang dagangan Khadîjah dengan ditemani Maisarah, seorang pembantu Khadîjah.

Selama dalam perjalanan dan ketika berada di negeri Syâm, Maisarah melihat dan merasa kagum terhadap kepribadian Beliau, terutama sekali terhadap ketekunan Beliau serta sifat amanah, jujur dan teliti yang Beliau miliki, dan juga perhatiannya yang serius terhadap usaha perniagaan yang Beliau jalankan, sehingga di tangan Beliau usaha tersebut mendapatkan keuntungan yang besar berlipat-ganda. Sebuah prestasi yang belum pernah dicapai oleh para pedagang yang lain. Dan setibanya kembali di Makkah, Beliau pun menyerahkan kepada Khadîjah seluruh harta dan keuntungan besar yang Beliau peroleh.

Hal itu menimbulkan perasaan kagum dalam diri Khadîjah, terutama-sekali terhadap akhlaq dan kepribadian Beliau. Apalagi setelah mendengar laporan dari Maisarah, rasa kagum Khadîjah terhadap Beliau pun semakin besar. Maka tidak lama setelah itu, Khadîjah mengutus seorang teman wanitanya untuk menemui Beliau dan menyampaikan keinginannya menikah dengan Beliau dan Beliau pun menyatakan kesediaannya menikah dengan Khadîjah.

Maka pada hari yang telah ditetapkan, Beliau pun melangsungkan pernikahannya dengan Khadîjah. Ketika itu usia Beliau menginjak dua-puluh-lima tahun, sedangkan Khadîjah berusia empat-puluh tahun. Khadîjah bukanlah sekedar isteri bagi Beliau, tapi lebih dari itu. Beliau mendapatkan curahan kasih sayang seorang ibu yang belum pernah Beliau rasakan sebelumnya, dan pendamping setia yang selalu siap membantunya. Beliau pun merasa sangat bahagia dengan pernikahannya ini, begitu-pula dengan Khadîjah. Kehidupan rumah-tangga Beliau merupakan contoh ideal bagi kehidupan rumah-tangga yang lain. Beliau memperoleh beberapa orang anak dari pernikahannya dengan Khadîjah. Bahkan seluruh anak Beliau lahir dari Khadîjah, kecuali Ibrâhîm yang Beliau peroleh dari Mâriyah Al-Qibthiyyah, dan Ibrâhîm wafat ketika masih kecil.

Setelah pernikahannya dengan Khadîjah, Beliau kembali melanjutkan usaha perniagaannya. Dan sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Beliau adalah seorang yang jujur, amanah dan mampu mengelola usahanya dengan baik untuk menghasilkan keuntungan yang halal. Beliau mengelola usahanya dengan cara yang berbeda dengan orang-orang Quraisy pada umumnya. Mereka pada umumnya tidak memiliki tempat atau toko untuk menjalankan usahanya. Mereka melakukan usahanya dengan cara bergabung dalam rombongan kafilah yang besar atau kecil, yang berangkat ke Yaman pada musim dingin dan ke negeri Syâm pada musim panas.

Setiap orang Makkah yang ingin bergabung dapat menaruh saham sesuai dengan kemampuan mereka. Kafilah itu disebut "Al-Îr" yang artinya rombongan unta. Dan biasanya dipimpin oleh seorang tokoh atau pembesar Quraisy dengan didampingi seorang ajudan yang ditunjuknya. Dan apabila kafilah itu kembali, semua orang yang menitipkan sahamnya pun berkumpul bersama-sama pemimpin kafilah untuk menghitung hasil keuntungan dan membagi-bagikannya sesuai dengan sahamnya masing-masing. Setelah itu mereka pun menghabiskan waktunya dengan berbagi cerita di tempat mereka biasa berkumpul, yaitu di sekitar Ka'bah.

Akan tetapi Muhammad saw. jarang sekali berkumpul bersama mereka. Beliau lebih banyak berdiam di rumahnya bersama keluarga dan terkadang Beliau pergi keluar kota Makkah untuk menyendiri, merenung dan berfikir, karena Beliau tidak menyukai cerita-cerita kosong atau melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak berguna.Suatu saat kaum Quraisy merenovasi Ka'bah yang telah rusak akibat banjir, mereka menggantikannya dengan bangunan yang baru. Setelah selesai, mereka pun berselisih tentang siapa yang paling berhak untuk meletakkan Hajar Aswad di tempatnya, yaitu di salah-satu sudut Ka'bah. Perselisihan itu hampir saja menimbulkan pertumpahan darah di antara mereka. Namun, akhirnya mereka sepakat untuk menyerahkan urusan ini kepada seorang yang paling dahulu datang kepada mereka. Dan orang itu ternyata Muhammad saw. Maka Beliau pun membentangkan selendangnya di bumi, lalu meletakkan Hajar Aswad di tengah selendang itu, kemudian Beliau minta masing-masing tokoh Quraisy memegang ujung-ujung selendang dan mengangkatnya bersama-sama ke tempatnya di sudut Ka'bah, setelah itu Beliau angkat dan letakkan Hajar Aswad di tempatnya. Seperti itulah pendapat Beliau menyelesaikan perselisihan di antara mereka, sebuah pendapat yang sangat bijak dan cerdas. Dan usia beliau ketika itu menginjak tiga-puluh-lima tahun.


Turunnya Wahyu dan Diutus Menjadi Nabi


Ketika usianya mendekati empat-puluh tahun, kecenderungannya menyendiri dan merenung semakin bertambah, kemudian Beliau pun mulai suka berkhalwat. Dan itu dilakukannya di sebuah gua yang terletak di puncak gunung di luar kota Makkah, yang terkenal dengan sebutan gua Hirâ', sedangkan gunung itu disebut gunung Nûr atau Jabal Nûr.

Dan itu terjadi pada suatu hari di bulan Ramadhân, yaitu ketika Beliau sedang berkhalwat, melakukan perenungan yang dalam untuk membersihkan jiwanya, pada saat Matahari hampir terbenam, tiba-tiba Beliau dikejutkan oleh suara yang halus yang berbicara kepadanya di keheningan gua : (إِقْرَأْ) "Bacalah!". Beliau pun terkejut dan merasa takut, namun Beliau menjawab: (مَا أَنَا بِقَارِئ) "Aku tidak bisa membaca". Tiba-tiba Beliau merasa ada sesuatu yang menekan dadanya sehingga membuatnya sulit bernafas, lalu tekanan itu berangsur-angsur hilang dan Beliau pun merasa ringan. Namun, suara itu pun terdengar lagi: (إِقْرَأْ) "Bacalah!". Dan Beliau pun kembali menjawab : (مَا أَنَا بِقَارِئ) "Aku tidak dapat membaca". Beliau pun kembali merasakan tekanan pada dadanya. Dan ketika tekanan itu hilang, suara itu pun terdengar lagi :

إِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَ . خَلَقَ اْلإِ نْسَانَ مِنْ عَلَقٍ . إِقْرَأْ وَ رَبُّكَ اْلآَ كْرَمُ . الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِ . عَلَّمَ اْلإِ نْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ .

Artinya :

"Bacalah dengan nama Rabb-mu Yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Rabb-mu yang Maha Mulia. Yang telah mengajar dengan qalam. Dia telah mengajarkan manusia apa-apa yang belum diketahuinya".

(Surah Al-'Alaq (96) : 1 s/d 5)

Lalu suara itu hilang dan suasana kembali hening dan Matahari pun terbenam. Kejadian itu membuat Beliau merasa sangat takut, maka Beliau segera keluar dari gua itu dan turun dengan tergesa-gesa, lalu cepat-cepat pulang ke rumahnya di Makkah. Beliau tiba di rumah ketika hari sudah gelap, karena jarak perjalanan dari rumah ke Jabal Nûr kira-kira 3 Km.

Setibanya di rumah, Beliau pun memanggil-manggil isterinya, dan Beliau berkata kepada isterinya : "Selimutilah aku, selimutilah aku". Sementara itu keringat terus menetes dari tubuhnya, padahal tubuhnya menggigil kedinginan. Khadîjah segera menyelimuti Beliau dan menghibur Beliau dengan ucapan yang lemah lembut sehingga rasa takut Beliau hilang. Lalu Beliau ceritakan kepada Khadîjah apa yang dialaminya di gua Hirâ', dan Beliau berkata kepada Khadîjah :

لَقَدْ خَشِيْتُ عَلَى نَفْسِي

Artinya :

"Aku sangat menguatirkan diri-ku".

Kekuatiran Beliau itu suatu hal yang wajar karena saat itu Beliau belum tahu bahwa yang datang pada Beliau itu adalah malaikat Jibrîl yang turun membawa wahyu dari Allâh SWT., dan merupakan awal atau permulaan ayat-ayat Al-Qur-ânul-Karîm.

Khadîjah kembali menghibur dan menenteramkan Beliau, bahkan meyakinkan Beliau bahwa apa yang dialaminya itu merupakan suatu pertanda baik, karena Beliau adalah seorang yang bersifat mulia, menepati janji, jujur, sangat baik terhadap keluarga dan suka membantu orang yang dalam kesulitan. Sikap dan tutur-kata Khadîjah membuat jiwa Beliau kembali tenteram, bahkan membangkitkan perasaan optimis.

Mengunjungi Waraqah bin Naufal

Ketika Khadîdjah melihat Beliau telah kembali seperti semula, ia pun mengajak Beliau pergi ke tempat putera pamannya yang bernama Waraqah bin Naufal, seorang yang bijak dan menguasai kitab-kitab suci dan sangat pandai berbahasa 'Ibrâni. Sesampainya di sana Beliau pun menceritakan kepada Waraqah apa yang dialaminya di gua Hirâ'. Waraqah sangat terkejut mendengar cerita itu, ia berkata kepada Beliau :

وَ الَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ إِنَّكَ لَنَبِيُّ هَذِهِ اْلأُمَّةِ , وَ لَقَدْ جَاءَكَ النَّامُوْسُ اْلأَكْبَرُ الَّذِيْ جَاءَ مُوْسَى , وَ أَنَّ قَوْمَكَ سَيُكَذِّبُوْنَكَ , وَ يُؤْذُوْنَكَ , وَ يُخْرِجُوْنَكَ , وَ يُقَاتِلُوْنَكَ

Artinya :

"Demi Allâh Yang jiwa-ku di tangan-Nya, sesungguhnya engkau adalah Nabinya umat ini, dan sesungguhnya yang datang kepada-mu itu adalah Namûs yang besar (Jibrîl) yang pernah datang kepada Mûsâ. Sesungguhnya kaum-mu akan mendustakan-mu, menyakiti-mu, mengusir-mu dan memerangi-mu".

Beliau amat terkejut mendengar penuturan Waraqah, terutama sekali ucapan yang menyatakan bahwa Beliau akan diusir oleh kaumnya. Karena Beliau mengetahui betul bagaimana kedudukannya di hadapan kaum Quraisy yang selalu memanggil Beliau dengan sebutan Al-Amîn. Bukankah hal itu menunjukkan betapa mulianya Beliau di hadapan kaum Quraisy dan betapa percayanya mereka kepada Beliau ? Maka dengan rasa heran yang besar Beliau bertanya kepada Waraqah :

أَوَ مُخْرِجِيَّ هُمْ ؟

Artinya :

"Apakah mereka benar-benar akan mengusir aku ?".

Dengan tegas Waraqah menjawab :

نَعَمْ , إِنَّهُ لَمْ يَأْتِ رَجُلٌ قَطُّ بِمِثْلِ مَا جِئْتَ بِهِ إِلاَّ عَادَاهُ النَّاسُ وَ حَارِبُوْهُ

Artinya :

"Benar, tidak ada seorang pun yang datang dengan membawa -- ajaran -- seperti yang engkau bawa melainkan ia pasti dimusuhi dan diperangi oleh manusia banyak".

Lalu Waraqah mengutarakan angan-angannya kepada Beliau, seandainya ia masih muda ia tentu akan mendampingi Beliau menyebarkan risalahnya. Namun sayang, usianya ketika itu sudah sangat tua dan tidak lama setelah itu ia pun wafat [1].

Setelah mendapatkan penjelasan dari Waraqah, Beliau kembali dengan perasaan tenang ke rumahnya bersama Khadîjah. Sekarang telah jelas bagi Beliau, bahwa yang datang pada Beliau itu adalah wahyu dari Allâh, dan Beliau yakin bahwa wahyu itu akan datang kembali kepadanya. Dan beliau sangat mengharapkan hal itu datang secepatnya.

Tidak seperti yang Beliau harapkan, ternyata wahyu berikutnya tertunda dalam waktu yang cukup lama sehingga membuat Beliau kembali merasa takut. Dalam keadaan seperti itu, wahyu pun datang kembali kepada Beliau, yang membuat Beliau kembali tenteram. Dan sekarang hati Beliau benar-benar mantap, bahwa wahyu datang dari Allâh SWT, bahwasanya Allâh telah memilihnya untuk membawa agama langit kepada umat manusia dan mengembalikan agama-agama langit -- yang dibawa oleh para utusan -- sebelumnya yang telah dikotori oleh tangan-tangan manusia kepada keasliannya.

Beliau sekarang telah menjadi utusan Allâh dan Nabi yang dipilih-Nya untuk menyampaikan risalah Islâm kepada seluruh umat manusia, untuk membebaskan dan membawa mereka dari belenggu kekafiran, perbuatan syirik dan alam jahiliyyah kepada cahaya Imân, Tauhîd dan Islâm.

Dari sinilah dimulai sejarah Muhammad Rasûlullâh saw. dan perjuangannya menunaikan risalah yang dibebankan Allâh dengan sebaik-baiknya bentuk.

Wahyu, yaitu ayat-ayat Al-Qur-ân pun mulai turun secara teratur, sedikit demi sedikit kepada Rasûlullâh saw. melalui malaikat Jibrîl a.s. dengan berbagai cara. Terkadang dengan cara langsung ke telinga Beliau, dan Jibrîl tidak meninggalkan Beliau sampai Beliau berhasil menghafal dan menempatkan ayat-ayat tersebut dalam hatinya. Dan kadang-kadang langsung di tempatkan oleh Jibrîl dalam hati Beliau dan Beliau mengulang-ulang ayat-ayat itu dengan mulutnya. Dan setiap datang satu ayat kepada Beliau, Beliau pun mengulang-ulangnya berkali-kali sehingga ayat itu tertanam dengan kuat dalam hatinya lalu Beliau bacakan kepada para sahabatnya. Kepada mereka yang pandai menulis, Beliau perintahkan untuk mencatatnya. Para sahabatnya pun segera menerima ayat-ayat itu dari Beliau, membacanya dan menghafalkannya. Maka ayat-ayat itu pun tetap dalam bentuk yang tidak akan berubah selamanya.

Seperti inilah proses turunnya ayat-ayat sampai membentuk surah-surah yang sempurna, yaitu sedikit demi sedikit dalam masa kurang-lebih dua-puluh-tiga tahun. Berdasarkan usia Beliau pertama-kali menerima ayat-ayat yang turun, yaitu empat-puluh tahun, dan ayat yang terakhir turun ketika usia Beliau kurang-lebih enam-puluh-tiga tahun.


Sebagian orang ketika itu ada yang meragukan Islâmnya Waraqah, namun Rasûlullâh saw. menyanggah keraguan mereka, Beliau bersabda:

لاَ تَسُبُّوْا وَرَقَةَ فَإِنِّي رَأَيْتُ لَهُ جَنَّةٌ أَوْ جَنَّتَيْنِ

Artinya :

"Janganlah kalian mencela Waraqah, karena aku pernah melihatnya memiliki sebuah atau dua-buah Surga".

(H.R. Al-Hâkim. Lihat Al-Ahâdîtsush-Shahîhah oleh As-Syaikh Al-Albânî jilid I no.: 405)

Perjuangan Periode Mekah


Risalah Muhammad saw.


Rasûlullâh saw. melakukan tugasnya menyampaikan risalahnya kepada manusia dengan menghadapi berbagai macam rintangan yang besar, karena tidak mudah bagi manusia -- yang Beliau seru -- untuk meninggalkan sistim kehidupan mereka yang lama, apalagi mereka sudah menghambakan diri kepada sistim tersebut dalam masa yang sangat panjang. Namun, Rasûlullâh saw. terus berjuang dengan sabar dan keimanan yang kuat sehingga Beliau berhasil menegakkan risalah Islâm dengan sempurna.

Inilah sejarah kehidupan Beliau yang cemerlang, yang di dalamnya banyak terdapat pelajaran yang berharga, terutama sekali tentang keimanan yang teguh kepada Allâh, amanah dalam melaksanakan kewajiban, sabar menanggung penderitaan, tegar menghadapi rintangan, berpegang teguh dengan akhlaq yang mulia, sabar menerima sikap yang menyakitkan dari manusia, percaya sepenuhnya bahwa pertolongan Allâh pasti datang bagi setiap mu'min yang bekerja keras, berjuang dan berpegang teguh dengan tali Allâh, serta tidak berputus-asa, menyerah atau bosan.

Perjuangan Rasûlullâh saw. pada Masa Periode Makiyyah

Masa hidup Rasûlullâh saw. setelah diutus ialah dua-puluh-tiga tahun, yang seluruhnya Beliau gunakan untuk berjuang menegakkan risalah Allâh. Masa ini terbagi menjadi dua, yaitu tiga-belas tahun di Makkah, yaitu periode Makiyyah, dan sepuluh tahun di Madînah, yaitu periode Madaniyyah.

Periode Makiyyah: -- Adalah masa perjuangan yang panjang dan sukar, menghadapi kaum musyrikin Makkah, dan upaya Beliau yang keras membentuk kelompok Islâm di Makkah sampai akhirnya Beliau hijrah ke Madînah. Masa ini berlangsung selama tiga-belas tahun,

Periode Madaniyyah: -- Masa datangnya pertolongan Allâh, dengan masuk Islâmnya penduduk Madînah dan terbentuknya masyarakat Islâm di sana. Di sanalah terbentuknya Daulah Islâm yang pertama dan sempurnanya seluruh tata-cara peribadatan dalam Islâm serta syari'at atau peraturannya. Dan di sana pula pertama-kali diterapkan sistim sosial-politik umat Islâm dan masuknya seluruh jazirah 'Arab ke dalam pemerintahan Islâm. Ini semua merupakan langkah awal dari penyebaran Islâm ke seluruh penjuru dunia. Masa ini berlangsung sepuluh tahun lebih sedikit .


Ini merupakan awal periode sejarah Islâm, dan merupakan masa yang paling ideal dari seluruh perjalanan sejarah Islâm, sebagaimana ditegaskan oleh Rasûlullâh saw.:

خَيْرُ اْلقَرْنِ قَرْنِي

Artinya :

"Sebaik-baik abad adalah abad-ku".

Sebagai umat Islâm, kita percaya akan hal itu dan kita pun diwajibkan untuk mencontoh dan mengambil pelajaran dari periode itu, dan juga dua periode berikutnya, yaitu periode para sahabat dan periode para tabi'în, tentunya sesuai dengan kondisi zaman di mana kita hidup. Sebab, sebagaimana dikatakan oleh seorang cendikiawan, bagaimana pun hebatnya periode itu, dan beberapa periode berikutnya, ia merupakan periode khas dari suatu waktu, di mana suatu umat memiliki karakteristik mental, religius, ilmiyah, kultural, sosial dan eksistensial, baik yang khusus maupun yang umum. Karakteristik-karakteristik ini mengkristalisasi menjadi pribadi-pribadi yang menampilkan dirinya selama periode sejarah tertentu.

Tahapan-Tahapan pada Periode Makiyyah


Tahapan-Tahapan pada Periode Makiyyah: -- Terdiri dari Tiga Tahap:

Tahap Pertama dan Kelompok Islâm yang pertama:

Tahap pertama dari periode Makiyyah berlangsung selama lebih kurang lima tahun, dimulai dari da'wah Rasûlullâh saw. kepada keluarganya yang terdekat dan orang-orang yang dekat dengan keluarganya. Mereka itu ialah: Khadîjah isteri Beliau, yang merupakan wanita pertama yang masuk Islâm, kemudian Abû Bakar,

merupakan pria dewasa yang pertama masuk Islâm, lalu 'Alî bin Abî Thâlib, adalah orang yang pertama masuk Islâm dari kalangan anak-anak, dan yang terakhir Zaid Bin Hâritsah, maulâ Rasûlullâh saw., merupakan orang yang pertama masuk Islâm dari kalangan mawâlî (bekas budak). Kemudian dilanjutkan dengan masuk Islâmnya para pemuda dari kalangan bangsawan Quraisy, yang hatinya telah dibuka oleh Allâh untuk menerima ajaran Islâm yang mulia, seperti Thalhah bin 'Ubaidillâh, 'Abdur-Rahmân bin 'Auf, Sa'ad bin Abî Waqqâsh, 'Utsmân bin 'Affân dan Zubair bin Al-'Awwâm . Lalu disusul oleh sejumlah orang dari kalangan fuqarâ', budak dan kaum dhu'afâ'. Agama Islâm telah membuka bagi mereka pintu kemerdekaan, persamaan dan harapan, seperti Bilâl Al-Habsyî, 'Ammâr bin Yâsir, Khabbâb bin Al-Arat dan lain-lain.

Kaum Muslimîn di Rumah Al-Arqam

Awalnya, kelompok kecil ini berkumpul bersama Rasûlullâh saw. di dekat Ka'bah untuk mendengarkan Al-Qur-ân serta mempelajari qa'idah-qa'idah Islâm dari Beliau. Akan tetapi orang-orang musyrik Quraisy merasa terhina dengan duduknya orang-orang dhu'afâ' itu di sekitar Ka'bah, mereka pun berusaha menghalang-halangi orang-orang itu untuk duduk di situ. Maka, Rasûlullâh saw. berpikir untuk mencarikan tempat berkumpul yang lain yang bebas dan tenang bagi kaum Muslimîn. Ketika itu datanglah kepada Beliau seorang pemuda bernama Al-Arqam bin Abîl-Arqam yang menawarkan rumahnya kepada Beliau untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bagi kaum Muslimîn dan Beliau pun menerima tawaran tersebut. Sejak itu, kaum Muslimîn tidak pernah lagi duduk berkumpul di sekitar Ka'bah. Akan tetapi tempat persembunyian mereka di rumah Al-Arqam pun akhirnya diketahui juga oleh beberapa tokoh yang ditakuti di kalangan penduduk Makkah, khususnya Abû Jahal dan Abû Lahab, salah seorang paman Rasûlullâh saw. dan juga beberapa orang tokoh lainnya. Dan mereka pun mulai melakukan pengintaian terhadap kegiatan kaum Muslimîn di rumah Al-Arqam.

Masuk Islâmnya Hamzah dan 'Umar

Di suatu hari Abû Jahal menunggu Rasûlullâh saw. di sebuah jalan yang biasa dilalui oleh Beliau, dan Beliau saat itu berada di rumah Al-Arqam. Ketika Beliau keluar melalui jalan itu, Abû Jahal pun segera menghalangi Beliau lalu menghina Beliau dengan kata-kata yang kasar. Perlakuan itu Beliau terima dengan sikap sabar, padahal Beliau adalah seorang yang bertubuh kuat dan mampu untuk bertindak keras terhadap Abû Jahal. Akan tetapi Allâh SWT. memerintahkan Beliau berda'wah dengan cara hikmah dan nasihat yang baik. Maka Beliau pun membiarkan kelakuan Abû Jahal dan pergi meninggalkannya. Namun, ketika Hamzah -- paman Beliau -- mendengar hal itu, ia pun marah dan segera menemui Abû Jahal, lalu memukul Abû Jahal dengan pukulan yang keras sambil menyatakan ke-Islâman-nya di depan Abû Jahal dan semua orang yang ada di situ. Kelompok kecil kaum Muslimîn mulai menjadi kuat dengan masuk Islâmnya Hamzah.

Tidak lama kemudian 'Umar bin Al-Khaththâb masuk Islâm, dan ini membangkitkan keberanian di hati kaum Muslimn, sehingga mereka meninggalkan rumah Al-Arqam dan kembali ke tempat mereka semula di sekitar Ka'bah, dan Rasûlullâh saw. pun mulai melakukan da'wah secara terbuka dan terang-terangan tanpa memperdulikan reaksi keras orang-orang Makkah. Maka dengan ini, selesailah masa-masa da'wah di rumah Al-Arqam dan dimulai masa da'wah secara umum.

Tahap Kedua Periode Makiyyah dan Perlawanan Quraisy Terhadap Da'wah:

Orang-orang Quraisy menganggap sikap Rasûlullâh saw. dan kaum Muslimîn melakukan da'wah secara terbuka sebagai tantangan bagi mereka, dan mereka pun mulai memberikan reaksi yang keras untuk melawan kaum Muslimîn dengan melakukan tindasan yang kejam terhadap kaum dhu'afâ' dan fuqarâ', seperti Bilâl, 'Ammar bin Yâsir, Khabbâb dan lain-lain. Begitu-pula terhadap Rasûlullâh saw., mereka selalu berusaha menghalangi Rasûlullâh saw. dengan berbagai macam tindakan yang menyakitkan, dan juga terhadap para sahabat Beliau.

Hijrah ke Habasyah (Etiophia)

Rasûlullâh saw. sangat kuatir terhadap nasib para sahabatnya, sehingga Beliau menganjurkan mereka yang ingin untuk berhijrah ke Habasyah , karena di sana mereka dapat menjalankan agamanya tanpa rintangan dan siksaan seperti yang mereka alami di Makkah. Maka sekitar delapan-puluh orang sahabat yang terdiri dari laki-laki dan perempuan berangkat meninggalkan Makkah menuju negeri Habasyah dalam dua rombongan. Sedangkan Rasûlullâh saw. dan beberapa sahabat lainnya tetap bertahan di Makkah menghadapi rintangan dan siksaan Quraisy.

Sementara itu, kaum Quraisy mulai bingung menghadapi keteguhan Rasûlullâh saw., dan mereka meminta bantuan Abû Thâlib untuk menghentikan Rasûlullâh saw. dari kegiatan da'wahnya, namun Beliau tetap berkeliling dan meneruskan kegiatan da'wahnya.

Akhirnya kaum Quraisy memproklamirkan pemboikotan total terhadap Banî Hâsyim dan Banî 'Abdil-Muthalib yang merupakan keluarga besar Rasûlullâh saw. Akibatnya sebagian besar keluarga Banî Hâsyim mengalami penderitaan yang hebat dari pemboikotan yang berlangsung selama tiga tahun itu. Tahapan kedua Periode Makiyyah ini seluruhnya berlangsung selama lima tahun.

Tahapan Ketiga dari Periode Makiyyah:

Penindasan yang dilakukan oleh penduduk Makkah terhadap Rasûlullâh saw.dan para pengikutnya mencapai puncaknya pada tahun ke-sepuluh Periode Makiyyah, yaitu setelah wafatnya Abû Thâlib tidak lama setelah selesainya masa pemboikotan. Abû Thâlib adalah paman Beliau yang selalu menjaga dan melindungi Beliau dari tekanan-tekanan penduduk Makkah yang selalu ingin menyakiti Beliau. Dan sepeninggalnya Abû Thâlib, kepemimpinan Quraisy dipegang oleh Abû Lahab, yang juga paman Rasûlullâh saw., namun merupakan musuh Islâm yang paling besar. Ia sangat membenci Rasûlullâh saw.

Beberapa bulan setelah wafatnya Abû Thâlib, wafat pula isteri Beliau, Siti Khadîjah r.a., yang telah mendampingi Beliau selama dua-puluh-lima tahun dalam kasih sayang, suka dan duka. Bahkan, dalam sepuluh tahun terakhir ia lebih banyak mengalami kesulitan, kepedihan dan penderitaan bersama Beliau.

Rasûlullâh saw. benar-benar merasakan kesedihan yang luar-biasa dengan wafatnya pendamping hidupnya yang setia, amanah dan selalu tegar di sisi Beliau dalam menghadapi tahun-tahun yang penuh penderitaan. Khadîjah adalah gambaran yang mulia dari seorang wanita mu'minah yang sabar.

Setelah wafatnya Abû Thâlib dan Khadîjah, Rasûlullâh saw. benar-benar merasa sendirian, dan perjuangannya di Makkah pun tidak menghasilkan buah sebagaimana yang diharapkan, karena sifat penduduk Makkah yang keras kepala, tenggelam jauh di dasar kekafiran dan berpegang teguh kepada agama nenek-moyang.

Rasûlullâh saw. Keluar ke Thâ-if:

Ketika itu Rasûlullâh berfikir untuk mencoba berda'wah ke Thâ-if, sebuah kota yang terletak dekat Makkah. Maka berangkatlah Beliau dengan ditemani Zaid bin Hâritsah, maulânya. Namun, ternyata penduduk Thâ-if tidak mau mendengarkan da'wah Beliau, bahkan mereka memaksa Beliau kembali ke Makkah.

Rasûlullâh saw. tidak putus-asa mengalami kegagalan itu, Beliau pun kembali ke Makkah, meskipun telinga penduduk Makkah telah tuli dari mendengarkan da'wah Beliau. Maka Beliau mulai mendatangi qabilah-qabilah di luar Makkah, dan menyeru mereka kepada Islâm. Dan cara ini pun ternyata tidak banyak mendatangkan hasil.


Menjelang Hijrah


Dengan gigih Rasûlullâh saw. terus melanjutkan da'wahnya dengan sasaran yang lain, yaitu setiap Beliau mendengar ada orang yang datang dari luar kota Makkah, Beliau segera mencari dan menghampiri orang itu dan menyerunya kepada Islâm. Dan pada tahun ke sebelas periode Makiyyah, serombongan dari qabilah Khazraj datang ke Makkah. Qabilah Khazraj adalah salah-satu dari dua qabilah yang menetap di Madînah, yang satunya lagi adalah qabilah Aus.

Di antara kedua qabilah itu sedang terjadi permusuhan yang hebat dan perang yang berkelanjutan. Rasûlullâh saw. segera pergi mendatangi mereka di 'Aqabah, dan berbicara dengan mereka, Beliau mendapati mereka sangat serius mendengarkan ucapan-ucapan Beliau, karena mereka telah sering mendengar dari teman mereka, yaitu orang-orang Yahûdi yang tinggal di Madînah; bahwasanya akan diutus seorang Nabi yang akan menolong bangsa Yahûdi mengalahkan qabilah Khazraj dan Aus sekaligus. Orang-orang Khazraj itu telah menduga bahwa Muhammad saw. adalah Nabi yang disebut-sebut oleh orang-orang Yahûdi itu. Sejak pertama-kali mereka duduk mendengarkan Rasûlullâh saw., mereka sudah yakin bahwa Rasûlullâh saw. adalah seorang yang benar ucapannya, dan ketika Beliau membacakan ayat-ayat Al-Qur-ân, mereka pun segera percaya akan kebenarannya. Lalu mereka minta kepada Rasûlullâh saw. agar diberi waktu untuk kembali ke Madînah dan menyampaikan berita gembira yang mereka dengar ini kepada saudara-saudara mereka .

Setelah pulang ke Madînah, mereka menda'wahkan Islâm kepada kaum mereka, sehingga Islâm mulai tersebar di kalangan penduduk Madînah dan membuat mereka merasa ingin sekali bertemu dan melihat Rasûlullah saw., dan mereka pun menyusun rencana untuk berkunjung menemui Rasûlullâh saw. pada musim haji tahun depan.

Bai'at 'Aqabah Pertama:

Maka pada musim haji tahun berikutnya, datanglah dua-belas orang penduduk Madînah ke Makkah dan melakukan pertemuan rahasia dengan Rasûlullâh saw. di tempat yang sama, yaitu di 'Aqabah. Kemudian mereka melakukan janji yang pertama, yang dikenal dengan nama Bai'atul-'Aqabah Pertama, di antara janji atau bai'at mereka kepada Rasûlullâh saw. ialah; melakukan da'wah kepada seluruh penduduk Madînah dan kembali lagi pada tahun depan untuk menjumpai Rasûlullâh saw. di tempat yang sama. Maka Beliau pun mengutus seorang delegasi bersama mereka, yaitu Mush'ab bin 'Umair untuk berda'wah, mengajarkan Al-Qur-ân dan syari'at Islâm kepada penduduk Madînah .

Bai'at 'Aqabah Kedua:

Pada tahun berikutnya Mush'ab kembali dari Madînah dengan membawa delegasi yang besar, yang berjumlah tujuh-puluh-tiga orang laki-laki dan dua oarang perempuan. Mereka kembali bertemu dengan Rasûlullâh saw. di 'Aqabah untuk melakukan Bai'at 'Aqabah kedua, dan mereka meminta Rasûlullâh saw. untuk segera pindah ke Madînah, mereka pun berjanji kepada Beliau akan melindungi Beliau dari musuh-musuhnya dan berjuang bersama-sama Beliau menyebarkan Islâm.

Setelah Bai'at 'Aqabah yang kedua, Rasûlullâh saw. segera memerintahkan seluruh sahabatnya hijrah ke Madînah. Maka mereka pun berangkat sekelompok demi sekelompok, dan tersebarlah Islâm sehingga tidak ada satu rumah pun di Madînah melainkan pasti ada penghuninya beragama Islâm atau seluruhnya beragama Islâm.


Rasûlullâh saw. Hijrah ke Madînah


Dalam tempo yang singkat seluruh sahabat telah hijrah dari Makkah ke Madînah dan Rasûlullâh saw. pun merasa tenteram dengan keadaan mereka di tempat hijrahnya yang baru, maka Beliau pun bersiap-siap berangkat menyusul mereka.

Di suatu malam yang gelap Beliau keluar dengan ditemani oleh Abû Bakar meninggalkan kota Makkah secara sembunyi-sembunyi, karena penduduk Makkah sangat ingin menahan Beliau di Makkah, bahkan mereka telah merencanakan pembunuhan terhadap Beliau. Mereka merasa kuatir, karena dengan hijrahnya Beliau, maka kekuatan masyarakat Islâm di Madînah menjadi sempurna.

Akhirnya Rasûlullâh saw. dan Abû Bakar berhasil keluar dari Makkah dengan selamat, dan Beliau sampai di Madînah pada tanggal 12 Rabî'ul-Awwal tahun ke-satu Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 4 September tahun 622 M. Walaupun penanggalan Hijriyah baru ada sesudahnya, namun 'Umar bin Khaththâb telah menetapkan bahwa tahun penanggalan Hijriyah dimulai dari tibanya Rasûlullâh saw. di Madînah.

Rasûlullâh saw. mendapati bahwa sebagian besar penduduk Madînah telah memeluk Islâm, hanya sebagian kecil saja yang masih musyrik, akan tetapi tidak lama sesudah kedatangan Beliau, mereka pun masuk Islâm. Dan di Madînah juga ada sejumlah besar kaum Yahûdi yang tersebar di beberapa perkampungan di sekitar Madînah. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai petani dan sebagian lagi sebagai tukang besi dan perhiasan. Mereka terdiri dari tiga qabilah besar, yaitu: Banî Qainuqâ', Banî An-Nadhîr dan Banî Quraizhah. Orang-orang dari ketiga qabilah ini selalu merasa lebih tinggi dari orang-orang Khazraj dan Aus dan sering menciptakan permusuhan di antara Khazraj dan Aus. Dan jika terjadi peperangan, kadang-kadang mereka bergabung kepada Aus, dan kadang-kadang kepada Khazraj. Tergantung kepada situasi yang paling menguntungkan bagi mereka.


Pembinaan Kader-Kader Dakwah Era Mekah


Era Mekah merupakan tahapan dakwah pertama yang sangat penting dalam sejarah Islam yang perlu di kaji dan di fahami. Kerana pemahaman yang jelas terhadap proses pembinaan para sahabat atau kader-kader dakwah untuk menjadi tonggak dakwah akan memberikan kita suatau gambaran yang sungguh unik tentang gerak kerja dakwah Rasulullah SAW. Sepanjang period 13 tahun di Mekah, di kisahkan hanya lebih kurang 313 sahaja orang yang menerima dakwah Rasulullah, yang mana majoritinya terdiri daripada golongan bawahan; hamba dan orang miskin.

Tarbiyyah Individu Muslim

Tarbiyah di pusatkan oleh Rasulullah SAW kepada generasi awwal ‘as-sabiqunal awwalun’ dengan pelbagai cara. Proses pembiaan berlaku setiap masa dan setiap peristiwa dengan acuan Al-Quran yang menunjukkan jalan. Tarbiyah pada tahap awal yang dilakukan Rasulullah SAW adalah menanamkan aqidah tauhid dan menghancurkan jahiliyyah. Allah adalah dzat yang disembah dan diikuti, bukan berhala yang berada di sekeliling Mekah. Ma’rifatullah adalah tonggak dan Iman yang mendalam kepada Allah dan Rasullah yang menjadi dasar penting dalam keperinadian seorang Muslim.

Di rumah Darul Arqam, di sinilah kajian-kajian tarbiyah yang berupa pembacaan ayat suci Al-uran, nasihat dan tazkiyah ruhani diberikan langsung oleh sang murobbi agung. Sehari demi sehari, seminggu demi seminggu dan berbulan-bulan jamaah Islam pertama terbentuk di rumah Al-Arqam. Halaqah (Pertemuan) yang dilakukan Rasulullah inilah yang kemudian melahirkan Syaksiyah Islamiyah, keperibadian Muslim pertama yang walaupun wahyu belum turun lengkap tetapi aqidah telah tertanam kukuh. Mereka hanya di sibukkan dengan kajian-kajian ayat Allah dan proses pensucian jiwa, jauh daripada memikirkan hal-hal lain.

Rasulullah SAW juga melakukan tarbiyah fardhiyah dengan merekrut Abu Bakar, Uthman dan ahli keluarganya seperti Ali. Mereka di asuh di dalam halaqah-halaqah yang berbeza. Rasulullah membagi beberapa halaqa di Mekkah sehingga tidak mencurigakan kaum musyrikin.

Para sahabat terus di bina dengan pelbagai sarana. Fitnah, gangguan, kutukan dan penyeksaan kaum kafir menjadi ujian untuk membuktikan keberhasilan tarbiyyah yang mereka perolehi daripada Rasulullah. Untuk menjadikan mereka lebih cekal dan tabah, Allah s.w.t pernah mewajibkan Qiamullail selama setahun sebagai bekal untuk menghadapi hari-hari mendatang yang penuh sukar.

Qaedah Sulbah

Yang akan kekal bersama Islam hanyalah mereka yang menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah.Dan inilah sunnah susunan dan pemilihan dalam peringkat awal dakwah Rasulullah, menyediakan tulang-tulang belakang atau tonggak kepada dakwah, yang terdiri daripada mereka yang sanggup menyediakan diri untuk menanggung segala bebanan. Itulah yang di katakana sebagai Qaedah Sulbah.

“Dan demi sesungguhnya! Kami tetap menguji kamu (wahai orang-orang yang mengaku beriman) sehingga ternyata pengetahuan Kami tentang adanya orang-orang yang berjuang dari kalangan kamu dan orang-orang yang sabar (dalam menjalankan perintah kami); dan (sehingga) Kami dapat mengesahkan (benar atau tidaknya) berita-berita tentang keadaan kamu.” (Muhammad: 31)

Orang yang masuk Islam ketika itu adalah orang yang mewakafkan diri kepada Allah dan sanggup menanggung azab tentangan kaum kafir Quraisy. Allah menyediakan mereka agar menjadi pasukan yang sangat mantap untuk mengemban risalah Islam. Dengan suasana mereka di tekan para penguasa, dengan jumlah dan kekuatan individu yang di sanggup mengikut tarbiyyah yang sedikit, pada peringkat ini mereka di latih dengan kesabaran yang dahsyat.

“Tidakkah Engkau melihat (Wahai Muhammad), akan orang-orang “Tidakkah Engkau melihat (Wahai Muhammad), akan orang-orang yang (pernah) dikatakan kepada mereka: “Tahanlah tangan kamu (daripada bertindak melancarkan perang yang belum diizinkan), dan dirikanlah sembahyang serta berikanlah zakat.” (An-Nisa: 77)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan